Mesin Pengering Padi Model Bak

Mesin Box Dryer

 merupakan salah satu jenis mesin yang dapat digunakan untuk pengering dari berbagai macam produk dari pertanian. Mesin ini juga bisa disebut dengan mesin pengering multiguna. Mesin box dryer pengering multiguna ini memiliki fungsi untuk mengeringkan aneka bahan seperti padi atau gabah, jagung, kemiri, kedelai, kerupuk, rempah-rempah dan berbagai produk lainnya. Mesin box dryer yang kami tawarkan ini memiliki kualitas yang terbaik untuk proses pengeringannya. Mesin box dryer ini berfungsi sebagai pengering pengganti dari panas sinar matahari. Mesin box dryer inilah cara termudah dan gampang untuk mengeringkan produk.

Teknologi alat / tepat guna
Bahan bakar bisa Menggunakan briket, batubara atau kayu bakar
Mesin pengering model knock down (bongkar pasang)
Mudah Mengoperasikannya
tenaga kerja sedikit, maksimal 2-3 orang
Biaya pengeringan gabah lebih murah dari tipe-tipe yang ada di pasaran
Daya pakai alat relatif cukup lama
Sangat cocok dioperionalkan pada kelompok tani

Contoh gambar mesin pengering padi dan jagung model box (Box Dryer)

 

Contoh gambar mesin pengering padi dan jagung model box (Box Dryer)

 

MESIN PENGERING PADI DAN JAGUNG MODEL RUANGAN

 

Contoh gamba mesin pengering padi dan jagung sistem ruangan (blower jumbo)

 

contoh gambar mesin pengering padi dan jagung model 

 

 

Contoh gambar mesin pengering padi dan jagung model ruangan 

 

Teknologi Pertanian Terbaru

Pada umumnya teknologi pertanian dikuasai oleh korporasi industri. Teknologi yang dulu diproduksi oleh petani perlahan kini digeser dengan produksi pabrik. Oleh karena itu saat ini para petani mau tidak mau harus mengikuti jaman dengan menggunakan berbagai macam teknologi yang ditawarkan. Belakangan ini dunia pertanian mulai merasakan dampak negative teknologi seperti penggunaan pupuk yang berlebihan.

  1. Teknologi Pertanian yang lebih terjangkau

Dulu teknologi yang sederhana yang digunakan oleh para petani sangat dekat dan bisa diproduksi sendiri oleh petani. Oleh karena itu pemerintah harus campur tangan agar perkembangan teknologi pertanian ke depan  bisa dimengerti dan dijangkau oleh kantong petani di Indonesia.

 

  1. Ramah Lingkungan untuk keberlanjutan jangka panjang

Kedepannya, teknologi haruslah ramah lingkungan. Para petani pastinya mempertimbangkan akan kelanjutan, dan tidak akan merusak ekosistem harus menjadi prinsip dalam membuat teknologi pertanian.

 

  1. Teknologi ini penting untuk masa depan indonesia dan dunia

Indonesia sendiri merupakan Negara agraris dengan sumber daya alam yang tinggi, sehingga potensi pertanian di Indonesia sangat mendukung. Selain itu Indonesia juga terbentang pada khatulistiwa yang memiliki iklim tropis, sehingga menciptakan keanekaragaman hayati dan menjadi lirikan bagi Negara-negara asing, terutama pada sector pertanian.

 

Sedangkan pertanian itu sendiri merupakan sebuah sector yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia, karena ini menjadi dasar penyediaan sandang, papan, dan pangan dalam menjalankan kehidupan. Di Indonesia sector pertanian menjadi tumpuan kehidupan masyarakat pada umumnya, karena Indonesia merupakan Negara agraris. Oleh karena itu banyak warga Negara Indonesia yang berprofesi sebagai petani.

Peran serta dalam teknologi pertanian adalah untuk keberhasilan produktivitas usaha tani yang dihasilkan. Seiring bertambahnya jumlah penduduk otomatis kebutuhan akan papan, sandang, dan pangan akan semakin meningkat, terlebih pada kebutuhan pangan. Dengan demikian dunia pertanian harus bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan pangan dunia, dengan melakukan tahap demi tahap supaya produksi yang dihasilkan dapat memuaskan.

 

  1. Dampak positif dari teknologi pertanian :

Mempercepat Pekerjaan Petani. Pada pengolahan lahan yang luas membuat para petani memerlukan waktu yang cukup lama tanpa adanya teknologi, namun dengan adanya teknologi maka petani akan lebih mudah dan cepat dalam mengolah lahan mereka. Seperti contohnya penggunaan mesin traktor yang dulunyanya menggunakan kerbau.

Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian. Petani dulu biasanya menanam jagung biasa namun sekarang dengan cara pengawinan tanaman jagung dapat menghasilkan jagung hibrida yang lebih banyak hasil dan lebih menarik bentuk fisik dari jagung tersebut.

  1. Kekurangan dari penggunaan teknologi pertanian :

Apabila teknologi modern yang berkembang hanya mengejar produktifitas tetapi tidak memperhatikan aspek social, lingkungan, dan ekonomi maka teknologi yang awalnya untuk mempermudah malah akan justru mempersulit manusia di kemudian hari.

Dulunya tanaman sayur dan buah hanya perlu disiram setiap hari dan memberi pupuk kompos, namun sekarang karena kondisi tanah tidak sama seperti dulu maka harus menyiraminya dengan pompa dan sekarang hama tanaman yang bermacam-macam harus dibasmi dengan menggunakan pestisida, ini guna mengusir serta membunuh hama tanaman. Yang akibatnya hasil akan berbahaya untuk dikonsumsi karena mengandung pestisida.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *